SINERGI UNTUK AKSELERASI PEMBANGUNAN SEKTOR ENERGI

PENANDATANGANAN KERJA SAMA MUJ & BJB SYARIAH

BANDUNG,- Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Migas Hulu Jabar (Perseroda) atau MUJ terus mengaskselerasi beberapa usaha di bidang Energi di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini. Kali ini, MUJ melakukan sinergi dengan PT. Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) dalam kerjasama pembiayaan dalam pembangunan energi di Jawa Barat.

BJBS memberikan pembiayaan sebesar Rp 27 Milyar kepada MUJ untuk mendorong pengembangan usaha eksisting untuk meningkatkan pendapatan perseroan dan menindaklanjuti peluang-peluang usaha strategis yang sudah di rencanakan di tahun ini maupun di tahun 2021.

MUJ berharap realisasi tambahan dukungan pembiayaan tahap pertama ini akan berlanjut & bertambah jumlahnya dalam waktu dekat seiring dengan kebutuhan percepatan realisasi peluang usaha di atas

Kerjasama dua perusahaan berstatus milik Provinsi Jawa Barat ini dibubuhkan dalam penandatanganan antara MUJ & BJBS di Bumi Sangkuriang Bandung pada Jumat 6 November 2020. Penandatanganan dilakukan Direktur Utama MUJ Begin Troys dan Pemimpin Cabang Braga Edy Suryadarma dengan disaksikan Direktur Keuangan dan Umum MUJ Punjul Prabowo, Direktur Utama BJBS Indra Falatehan dan Pemimpin Divisi Pembiayaan UMKM & Komerisal . Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Kepala Biro BUMD & Investasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yaitu I. Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka.

Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan, sinergitas yang dibangun dengan sesama BUMD Jawa Barat ini merupakan kali keempat bagi MUJ. Melalui kerjasama dengan perusahaan di bidang Perbankan, diharapkan MUJ bisa lebih aktif membangun infrastruktur di bidang energi.

“Atas kerjasama ini diharapkan kita sebagai sesama BUMD Jawa Barat ini mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Jawa Barat,” kata Begin Troys dalam keterangan resmi perusahaan, Jumat 6 November 2020.

Begin menjelaskan, selain menerima pendapatan dari pengelolaan PI 10 %, pada tahun 2020 ini MUJ bersama PT. Pilar Bahtera Energi (PBE) sebagai provider listrik premium yang disediakan PT.PLN dengan teknologi DRUPS memberikan layanan penyediaan kualitas listrik terbaik dalam operasi hulu migas Pertamina EP di Kalimantan Selatan. Selian itu, MUJ melalui anak perusahaan PT Energi Negeri Mandiri (ENM) melakukan Pengadaan 4 Unit Mobile RIG 550 HP Bersama PT Petrodrill Manufaktur Indonesia (Petrodrill) untuk operasional pengeboran PT. Pertamina Drilling Services (PDSI) di Pertamina.

Yang terbaru kata Begin, kolaborasi dengan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) untuk pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihodro (PLTMH) Cirompang, di Kabupaten Garut. Pengembangan usaha tersebut untuk penguatan sektor Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi (EBTKE). “Tentu kita apresiasi kepada BJBS yang sudah mendukung upaya kita dalam melakukan percepatan pengembangan usaha di bidang energi. Semoga pembiayaan ini bisa membawa manfaat sosial dan manfaat ekonomi. Sehingga di tengah wabah Covid-19 ini, pembangunan ekonomi di Jawa Barat akan tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama BJBS Indra Falatehan mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen bjb Syariah untuk berperan aktif dalam memajukan perekonomian dan pembangunan di Jawa Barat.  “Alhamdulilah pada kesempatan ini kami bisa bersinergi dengan salah satu BUMD terkemuka di Jawa Barat. Saat ini kami menyalurkan pembiayaan Rp 27 miliyar untuk investasi yang dilakukan PT Migas Hulu Jabar,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Biro BUMD & Investasi Kim Agung mengungkapkan Sinergi BUMD diperlukan untuk saling menjaga bisnis dan program-program BUMD untuk terus berkontribusi dalam pembangunan di Jabar, terlebih  disaat sulit Covid sekarang ini.

“Saling membantu untuk saling menguntungkan dan saling menguatkan untuk menjalankan misi Pak Gubernr menjadikan BUMD Jabar Juara.” imbuh Kim Agung.

PT. Bank Jabar Banten Syariah sepanjang semester 1 tahun 2020, membukukan laba sebesar Rp16,391 miliar atau tumbuh 7,17% yoy. Perolehan laba tersebut tidak lepas dari dari penyaluran pembiayaan yang mencapai Rp5,481 triliun atau tumbuh sebesar 8,70% year on year (yoy).

Atas kerjasama ini diharapkan kedua bumd jabar mampu memberikan layanan maksimal bagi masyarakat jabar khusus nya dalam bidang perbankan & energi.

Tinggalkan Balasan