Akses Listrik di Jabar Belum Merata, Jabar Caang Pasang Listrik Gratis Puluhan Ribu MBR

BANDUNG (TRIBUNJABAR),- Persebaran layanan listrik di Jawa Barat masih belum merata. Puluhan ribu rumah warga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tercacat belum memiliki instalasi listrik di rumahnya.

“Padahal infrastruktur di Jabar relatif memadai, namun masih saja ada warga yang belum bisa menikmati akses listrik,” tutur Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat, Bambang Rianto, melalui ponsel, Jumat (8/10).

Bambang mengatakan Pemprov Jabar pun menyambut baik upaya berbagai pihak yang memudahkan masyarakat mendapat pasokan listrik ke rumahnya.

Bambang menuturkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mencanangkan program pemerataan listrik. Melalui program “Jabar Caang”, sejak tahun 2018, pemasangan listrik bagi MBR terus digalakan. Sampai 2019, sudah ada pemasangan listrik gratis di 21.335 rumah tangga MBR.

“Pemasangan ini full dibiayai lewat dana CSR. Tidak menggunakan dana pemerintah,” tuturnya.

Tahun 2020 ini, ada 35 CSR perusahaan yang membiayai pemasangan instalasi listrik MBR. Sampai Desember tahun ini, targetnya terpasang listrik di 11.782 rumah.

“Untuk Indramayu saja, tahap ini ada 139 instalasi gratis untuk MBR. Kami apreasiasi perusahaan yang berkomitmen pada program Jabar Caang ini,” tuturnya.

Coorporate Social Responsibility (CSR) di antaranya diberikan instalatir di ruang dinas Pendopo Pemerintah Kabupaten Indramayu, Kamis (9/10). Penandatanganannya ini bagian dari program Jabar Caang yang bertujuan menciptakan pemerataan akses listrik di seluruh Jawa Barat.

Hadir menyaksikan penandatanganan tersebut, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Bambang Tirtoyuliono, Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar Begin Troys, dan Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ryan Alfian Noor.

Beberapa wakil mitra CSR yang ikut berpartisipasi dalam program Jabar Caang ikut menyaksikan, termasuk wakil dari PT PLN Jawa Barat, serta pejabat terkait dari Pemkab Indramayu.

Mewakili PLN Jawa Barat, Manager PLN Unit 3 Indramayu, Nurhidayat Nugroho, menjelaskan rasio elektrifikasi di Jawa Barat terus meningkat tiap tahun. Lewat gerakan Jabar Caang, rasio itu akan makin luas sehingga pemerataan listrik bisa lebih cepat terealisasi.

“Tahap ini, ada 774 sambungan langsung gratis ke rumah warga MBR. Di Indramayu ada 139, dan sisanya di Tasikmalaya,” tuturnya.

Dirut PT Migas Hulu Jabar ONWJ Ryan Alfian Noor menyampaikan kerjasama antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam program Jabar Caang. Setiap proses pemasangan listrik gratis ini selalu melibatkan BUMD daerah bersangkutan termasuk di Indramayu dengan BUMD Bumi Wiralodra Indramayu (BWI).

“Bahkan dalam komposisi kepemilikan saham di BUMD kami, BWI termasuk yang cukup besar. Karena itu kita selalu koordinasi,” tuturnya.

Pjs Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono mengapresiasi pemasangan listrik bagi MBR di daerahnya. Dua berharap program ini sebagai akselerasi pemerataan listrik, terutama bagi masyarakat yang kurang sejahtera.

“Bagaimanapun kebutuhan akan listrik itu sangat penting. Apalagi di masa pandemi sekarang ini. Kami berharap program ini mengakselerasi pemerataan akses listrik seperti tujuan Jabar Caang,” tuturnya.

https://jabar.tribunnews.com/2020/10/09/akses-listrik-di-jabar-belum-merata-jabar-caang-pasang-listrik-gratis-puluhan-ribu-mbr

Tinggalkan Balasan