Kolaborasi Energi Negeri Mandiri bersama Dinas ESDM Jabar

Rabu, 1 November 2017 bertempat  di kantor Dinas ESDM JABAR Jalan Soekarno Hatta Bandung,  PT Energi Negeri Mandiri (ENM) selaku Anak Usaha BUMD Migas Hulu Jabar berkolaborasi dengan Dinas ESDM menyelenggarakan customer gathering “ Sosialiasi Konversi Energi ke Gas Bumi “ yang dimaksudkan untuk membuka wawasan dan mengedukasi para pelaku usaha mengenai penggunaan gas pipa yang ramah lingkungan, praktis, dan hemat secara biaya.

Tubagus Nugraha selaku Kepala Bidang Energi dan Mineral dalam sambutannya memberikan apresiasi mengenai acara yang di adakan oleh ENM. Beliau pun menyampaikan kondisi yang terjadi saat ini dimana belum terjadinya penggunaan gas bumi secara optimal di karenakan keterbatasan akses masyarakat terhadap energi masih terbatas serta kemampuan daya beli konsumen dalam Negeri terhadap gas rendah.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, Fajar Hidayat selaku Perekayasa Madya Lemigas memberikan edukasi mengenai keunggulan dari gas bumi dan memaparkan program yang sudah mulai dijalankan oleh Pemerintah yaitu dengan penggunaan BBG untuk kendaraan bermotor, subsidi jaringan distribusi gas ke rumah tangga dan yang terakhir adalah adanya peningkatan konsumsi BBG untuk sektor industri.

“ Peningkatan sektor industri merupakan langkah yang tepat bagi pelaku komersil dan industri dalam melakukan efisiensi energi. Selain itu, gas bumi memiliki kelebihan dibandingkan dengan  bahan bakar lain dengan harga yang kompetitif, aman dan tentunya ramah lingkungan. “ ujar Hermawan Eriadi selaku Direktur Utama PT Energi Negeri Mandiri.

Pernyataan Dirut ENM tersebut didukung pula oleh penjelasan Iwan Ferry Surjawan yang merupakan Legal & General Affairs  Department, Senior Manager PT Senayan Trikarya Sampana yang memang sudah memanfaatkan gas bumi sejak tahun 2013.  Mall Plaza Senayan beralih ke gas bumi dikarenakan selama penggunaan dengan bahan bakar lain terdapat volume loss terhitung sekitar 5%-10% akibat faktor diskrepansi gas meter di tiap tenant dan juga loss akibat pengisian LPG dari truck ke tangki.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *