FGD Participating Interest 10%

DSC_04622

Hari ini, 18 Januari 2016, Migas Hulu Jabar bersama Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) mengadakan acara Focus Group Doscussion Participating Interest 10% “Antara Harapan dan Kenyataan” di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Dengan pembicara dan narasumber antara lain: Djoko Siswanto (Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Kementerian ESDM); M.I. Zikrullah (Wakil Kepala SKK Migas); Andang Bachtiar (Sekretaris Jenderal ADPM, Ketua KEN, Anggota DEN), Didit Zakti (Divisi Pertimbangan Hukum dan Formalitas SKK Migas); Irwansyah (GM/President Pertamina Hulu Energi ONWJ), dan Hadi Ismoyo (Direktur Utama PT. Petrogas Pantai Madura (BUMD Jawa Timur)).

Acara ini dihadiri dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, DPRD Provinsi Jawa Barat, Dinas ESDM Jawa Barat, Kabupaten Indramayu, Bekasi, Karawang dan Subang, BUMD se Jawa Barat serta mahasiswa-mahasiswa dari Universitas di Jawa Barat. Migas Hulu Jabar sangat berharap dengan adanya Focus Group Discussion yang membahas mengenai Participating Interest akan lebih mengkristal dan semakin tajam dari sisi hukum, administrasi, teknis dan keuangan. Karena sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai mekanisme mendapatkan Participating Interest secara formal, informasi yang didapat dari berbagai sumber, tidak bisa menjadi acuan yang cukup jelas.

Migas Hulu Jabar dengan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah mendapatkan Participating Interest 10% dari Pemerintah Pusat (dengan diserahkan melalui Surat Menteri ESDM kepada Gubernur Jawa Barat dan Surat Balasan Gubernur Jawa Barat ke Menteri ESDM, serta surat keputusan Gubernur). Kontrak Perpanjangan Wilayah Kerja Blok ONWJ sudah ditandatangani oleh Pemerintah dengan Pertamina Hulu Energi ONWJ pada 27 Desember 2015, yang berlaku efektif pada 19 Januari 2017. Beberapa tujuan dari kegiatan ini diantarannya:

  1. Menginformasikan kebijakan Pemerintah melalui Kementerian ESDM terkait pelaksanaan Participating Interest 10% oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui PT. Migas Hulu Jabar.
  2. Mendapatkan informasi aspek teknis, komersial dan legal di Wilayah Kerja Blok ONWJ.
  3. Mengkonsolidasikan Daerah Pelaksana PI 10%, agar dapat menyiapkan hal-hal yang menjadi persyaratan dan ketentuan dalam menindaklanjuti keikutsertaan pengelolaan PI 10% Blok ONWJ.
  1. Mendapatkan jalan keluar terkait masalah-masalah dalam pelaksanaan PI 10%.

Kami berharap, bahwa seluruh rangkaian proses penetapan dan operasionalisasi dari kebijakan PI di Blok ONWJ dapat berjalan dengan lancar.

 

18 Januari 2016

Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Bandung

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *